Rapat Tikus

SUATU hari ada sekelompok tikus melaksanakan rapat, yang membahas tentang “Bagaimana mengetahui kedatangan kucing yang akan menerkam mereka, sehingga para tikus itu bisa selamat dari terkaman kucing-kucing lapar itu”.

Berbagai macam ide pun muncul saat rapat dilaksanakan, sampai akhir salah seekor tikur memberikan usul untuk mengantungkan bel, di leher kucing, agar kedatangan kucing bisa sedini mungkin di ketahui dan mereka bisa segera menyelamatkan diri .

Seekor tikus memuji tentang ide ini dengan berkata, “Ide ini sangat bagus, tetapi siapa yang berani mengantungkan bel di leher kucing itu?”

Semua tikuspun terdiam tidak ada yang berani mengacungkan diri.

Pelajaran dari cerita di atas adalah, dalam sebuah rapat sering kali muncul ide ide hebat dan brillian, namun ketika diminta untuk mewujudkan ide-ide tersebut semuanya hanya diam dan tidak mau memasimalkan potensi dan ikhtiarnya.

Yang menjadikan sebuah rencana itu gagal adalah ketika kita hanya berani memberikan ide, tetapi lemah dalam eksekusi. Ketika kita sudah memilki azam yang kuat, sudah laksanakan saja dan bertawakkal kepada Allah terhadap risiko yang akan dihadapi dalam perjalanan.

Yang terpenting dalam sebuah rencana adalah eksekusinya walaupun ia hanya sebuah rencana kecil. Apa artinya rencana besar jika ia hanya sebuah mimpi yang tidak pernah direalisasikan? Almarhmum KH Zainudin MZ berkata dalam sebuah ceramahnya: “Lebih baik makan singkong beneran dari pada makan roti tapi ngimpi.” Pepatah Arab mengajarkan kita “ بيضة اليوم خير من دجاجة الغد “ Telur hari ini lebih baik dari pada ayam esok hari.

Saudaraku, berjalanlah. Janganlah khawatir akan adanya lubang dan duri dalam perjalanan, karena engkau semua akan belajar dari semua itu.  Sungguh sebuah kemuliaan ketika engkau jatuh karena berjalan dan merupakan kehinaan ketika engkau jatuh padahal tidak melakukan apa apa. 

Faisal Kunhi

Imam Masjid Sirothol Mustaqim, Ansan Korea Selatan

Gontor ,

S1 UIN Syarif Hidatatullah Jakarta, S2 : Institut Ilmu AlQuran

0 Response to " Rapat Tikus"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel